-->

Cara Gampang Melepas Ring Pada Kaki Burung

Ring yang terpasang pada kaki burung ialah identitas seekor burung dari peternakan yang dipasang saat burung masih berusia 6-12 hari, sebab pada usia teraebut kaki anakan burung masih berukuran kecil dan elastis sehingga lebih gampang dipasang ring sebagai tanda pengenalnya.

Tapi sayangnya ring tersebut sering menjadi problem dikemudian hari, terutama sehabis burung yang menggunakan ring tersebut berusia renta dan mengalami perubahan pada bentuk dan ukuran kakinya yang biasanya menjadi lebih besar sebab tumbuhnya sisik kaki yang tebal atau biasa disebut "medang".

Kaki burung yang medang menimbulkan ring menjadi sempit dan usang kelamaan akan menciptakan kaki burung menjadi sakit, bahkan jikalau terus dibiarkan burung tersebut sanggup mengalami infeksi dan sanggup hingga mengalami cacat fisik.

Untuk melepasnya, maka ring yang terpasang pada kaki burung harus dipotong, sebab rata-rata peternak menggunakan "closed ring" sebagai identitas peternakannya.

Untuk memotong ring pada kaki burung harus dilakukan secara hati-hati biar tidak melukai kaki burung dan mengakibatkan problem baru. Untuk itu diharapkan ketelitian dan pengetahuan perihal cara memotong ring pada kaki burung secara tepat.

Sebelum memotong ring tersebut, sebaiknya kita periksa dulu jenis ring yang digunakan, sebab ada beberapa jenis ring yang umum dipakai oleh para peternak untuk memperlihatkan identitas pada burung hasil penangkarannya, yaitu closed ring (ring biasa) dan open ring (ring yang sanggup dibuka dan biasa dipasang pada burung dewasa).

Dengan mengetahui jenis ring yang digunakan, maka kita sanggup menggunakan alat yang sempurna untuk melepaskan ring tersebut dari kaki burung.

Untuk memotong ring pada kaki burung, kita sanggup menggunakan peralatan khusus yang memang dibentuk khusus untuk memotong ring burung, terutama untuk jenis closed ring (ring biasa). Alat tersebut ialah "Ring Cutter", bentuknya ibarat gunting/tang dengan belahan ujungnya tajam yang sanggup memotong ring yang terbuat dari materi alumunium.

Ring Cutter sanggup dibeli di kios-kios perlengkapan burung atau sanggup juga dibeli secara online. Tapi jikalau kita tidak mempunyai Ring Cutter, maka kita sanggup menggunakan kikir atau gergaji besi untuk memotongnya.

Jika kita menggunakan kikir atau gergaji besi untuk memotong ring, sebaiknya kaki burung terlebih dulu dibalut menggunakan plester atau solatip kalau ring tersebut masih longgar. caranya dengan menarik ring ke atas hingga pada lutut burung kemudian ditempel plester atau solatip untuk melindungi kakinya biar tidak terkena kikir.

Pemotongan ring menggunakan kikir dilakukan dalam posisi vertikal, dengan memegang badan burung dengan bersahabat biar tidak terlepas. Setelah terasa nyaman, kemudian ring mulai kita kikir atau di gergaji dengan hati-hati. Gunakan kikir atau gergaji besi yang masih gres (tajam) biar proses pemotongan ring lebih cepat.

Proses pemotongan ring sebaiknya dilakukan secara bertahap bertahap diselingi istirahat selama beberapa menit biar ring tidak menjadi panas sebab terus-menerus bergesekan dengan kikir atau gergaji besi, atau sanggup juga dengan meneteskan air pada ring tersebut biar tidak panas akhir goresan dengan kikir.

Setelah ring pada kaki burung sudah terpotong sebagian, kita sanggup menggunakan peralatan khusus untuk mencongkel ring dari kaki burung atau merentangkannya menggunakan tang biar sanggup terlepas. Tapi kalau masih sulit untuk dilepaskan, kita sanggup melaksanakan pemotongan lagi menggunakan kikir atau gergaji besi dari sisi berlawanan dari ring yang sudah terpotong tadi hingga ring terpotong menjadi dua bagian.

Proses pemotongan ring menggunakan kikir atau gergaji besi sebaiknya dilakukan secara hati-hati dan jangan tergesa-gesa, sebab jikalau hingga meleset sedikit saja maka kaki burung sanggup tergores dan terluka.

Setelah ring terlepas, kemudian plester dilepas dan kaki burung dicuci hingga higienis menggunakan air hangat kemudian diolesi minyak tawon hingga merata.

Setelah itu burung dimasukkan kembali ke dalam kandangnya dan digantang di kawasan yang sepi biar burung merasa nyaman dan tidak stres. Berikan Ekstra fooding (EF) dalam jumlah yang banyak biar burung merasa bahagia dan kondisinya cepat pulih.

Baca juga:

Cara melepas sisik/deker pada kaki burung yang sudah tua

Cara mengobati kaki Kenari yang jerawat dan jamuran

Cara melatih burung bakalan biar mau mandi keramba

Demikian sedikit gosip perihal "Cara gampang melepas ring pada kaki burung". Untuk gosip lain seputar burung kicau, sanggup dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Ring Cutter (alat pemotong ring/cincin)

0 Response to "Cara Gampang Melepas Ring Pada Kaki Burung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel