-->

Ciri-Ciri Trucukan Bakalan Yang Bagus

Trucukan yaitu burung pemakan buah-buahan dan serangga-serangga kecil menyerupai jangkrik, belalang, ulat dan binatang-binatang kecil lainnya. Burung ini sering berkeliaran diperkebunan dan ladang dengan bergerombol atau berpasangan.

Habitat Trucukan tersebar hampir di seluruh wilayah di Indonesia, dan dibeberapa daerah, Trucukan juga dikenal dengan nama Trocok ataupun Jog-Jog alasannya yaitu memang sering mengeluarkan bunyi "cok-cok".

Walaupun bentuk fisik dan warna bulunya sangat sederhana tapi burung ini mempunyai keistimewaan pada bunyi ropelannya yang terdengar menyerupai bunyi burung Cucak Rowo. Suara ropelan Trucukan biasanya dipakai untuk melatih Cucak Rowo bakalan semoga sanggup bersuara ropel.

Populasi Trucukan yang masih melimpah dihampir semua kawasan membuat  bahan/bakalan Trucukan sangat gampang ditemukan dipasar-pasar burung yang biasanya dijual dalam sangkar ombyokan.

Untuk menentukan Trucukan bakalan dikandang ombyokan yang manis dan sanggup bersuara ropel, maka perlu memperhatikan ciri-ciri berikut ini:

• Pilihlah Trucukan/Trocok yang sering njambul alasannya yaitu kemungkinan besar burung tersebut berkelamin jantan dan juga mempunyai mental yang bagus.

• Selain sering njambul, biasanya Trucukan yang mempunyai mental manis sering mengeluakan bunyi crocokan/cok-cok yang keras dan lantang.

• Trucukan yang manis sanggup dilihat dari bentuk tubuhnya yang ramping memanjang dengan paruh tebal dan lurus.

• Pilihlah Trucukan yang lidahnya berwarna merah kekuning-kuningan untuk Trucukan muda dan bila sudah tua, warna lidahnya akan berkembang menjadi merah kehitaman.

• Pilihlah Trucukan yang ekornya cepat menyatu sehabis melompat.

• Usahakan untuk menentukan Trucukan yang sudah usang berada didalam sangkar ombyokan, alasannya yaitu biasanya burung tersebut sudah terbiasa dengan keberadaan Manusia disekitarnya dan rata-rata sudah semi ropel atau rajin mengeluarkan bunyi panggilan. Biasanya Trucukan yang sudah usang berada didalam sangkar ombyokan bulu-bulunya tidak rapi alasannya yaitu sudah usang berhimpit-himpitan dengan Trucukan lainnya.

• Pilihlah Trucukan yang tidak takut dikala kita dekati dan yang nafsu makannya besar alasannya yaitu hal itu membuktikan kalau burung tersebut mempunyai mental yang manis dan sehat.

• Pilihlah Trucukan yang posisi berdirinya lebih tegak dari yang lain dengan bentuk badan yang agak melengkung (bungkuk).

Baca juga:

Cara merawat Tengkek Raja Udang untuk masteran

Perawatan harian burung Srigunting semoga rajin bunyi dan cepat gacor

Cara melatih burung bakalan semoga mau mandi keramba

Demikian sedikit isu wacana "Ciri-ciri Trucukan bakalan yang bagus". Untuk isu lain seputar burung Trucukan, sanggup dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Burung Trucukan

0 Response to "Ciri-Ciri Trucukan Bakalan Yang Bagus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel