-->

Pakan Terbaik Untuk Lovebird Biar Sehat Dan Rajin Ngekek

Pakan ialah hal yang wajib dalam contoh perawatan Lovebird (LB), alasannya ialah Makanan ialah sumber tenaga untuk kelangsungan hidup Lovebird dan sangat kuat pada performanya.

Pakan yang sempurna dan berkualitas tentu akan menimbulkan Lovebird (LB) sehat dan banyaomong serta rajin ngekek. Oleh alasannya ialah itu, kita sebagai perawatnya harus paham ihwal pakan Lovebird yang anggun kandungan gizinya dan apa keuntungannya untuk Lovebird, serta pengaruh faktual dan negatifnya pada Lovebird.

Pakan untuk Lovebird (LB) dibagi menjadi dua kategori, yaitu masakan pokok dan masakan tambahan/Ekstra fooding (EF). Makanan pokok ialah pakan yang wajib diberikan setiap hari, sedangkan Ekstra fooding (EF) ialah pakan yang diberikan hanya kalau diharapkan saja atau sebagai pakan pelengkap saja.

Pakan utama untuk Lovebird (LB):

• Milet

Milet sudah umum dipakai untuk pakan burung-burung pemakan biji-bijian menyerupai Kenari, Lovebird, Blackthroat, dan burung-burung pemakan biji-bijian lainnya.

Ada dua jenis milet yaitu warna putih dan warna merah yang sanggup diberikan dengan dicampur atau salah satu, tergantung kebiasaan Lovebird (LB). Milet merah biasanya dipakai untuk menjaga kestabilan birahi (menurunkan birahi), sedangkan milet putih cenderung netral.

Milet sanggup diberikan setiap hari pada Lovebird (LB) alasannya ialah merupakan pakan utama/pokok untuk Lovebird.

• Canary Seed

Canary seed juga sanggup diberikan pada Lovebird (LB) sebagai adonan untuk milet. Canary seed mempunyai kandungan protein, asam amino cystine, trytophan, dan phenylalanine, sehingga sangat anggun diberikan pada Lovebird, terutama yang diternakkan.

Canary seed yang anggun yaitu yang sudah agak renta dengan ciri-ciri warnanya sedikit gelap dan isinya padat. Akan tetapi biasanya Lovebird (LB) tidak suka mengkonsumsi canary seed, dan harus dibiasakan dulu biar mau memakannya.

• Jewawut

Jewawut sangat anggun kalau diberikan pada Lovebird (LB) yang ditangkarkan alasannya ialah jewawut mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi dan zat kapur sebagi materi untuk pembentukan cangkang telur.

Ekstra fooding (EF) untuk Lovebird (LB):

• Jagung manis

Jagung manis yang masih muda selama ini memang sudah umum dipakai sebagai Ekstra fooding (EF) untuk Lovebird (LB). Manfaatnya untuk untuk meningkatkan birahi Lovebird.

• Kangkung

Kangkung juga sudah umum dipakai sebagai Ekstra fooding (EF) untuk Lovebird (LB), baik itu Lovebird lomba maupun Lovebird ternak. Kngkung bermanfaat sebagai sumber kalsium dan untuk meningkatkan birahi Lovebird serta untuk menciptakan Lovebird lebih tenang.

• Taoge

Taoge atau kecambah juga sanggup diberikan pada Lovebird (LB) sebagai pakan pelengkap atau sebagai selingan dengan jenis pakan yang lain. Taoge sangat anggun diberikan pada Lovebird yang ditangkarkan.

• Biji kwaci

Biji kwaci bermanfaat untuk meningkatkan birahi pada Lovebird (LB), tapi kandungan lemaknya yang tinggi sanggup menyebabkan Lovebird mengalami kegemukan/obesitas, oleh alasannya ialah itu donasi biji kwaci sebaiknya jangan terlalu berlebihan.

Biji kwaci sangat anggun diberikan pada Lovebird (LB) yang kurang birahi dan Lovebird yang badannya kurus (nyilet).

• Tulang sotong

Tulang sotong sanggup diberikan pada Lovebird (LB) sebagai sumber mineral dan kalsium. Selain itu tulang sotong juga bermanfaat untuk mengasah paruh Lovebird dan juga untuk membantu proses pencernaan makanan.

Tulang sotong sangat anggun diberikan pada Lovebird (LB), terutama yang diternakkan sebagai materi pembentukan cangkang telur.

• Sawi putih

Sawi putih juga biasa dipakai sebagai Ekstra fooding (EF) untuk Lovebird (LB) alasannya ialah bermanfaat untuk melancarkan pencernaan Lovebird dan untuk melengkapi kebutuhan vitamin Lovebird.

Pakan yang anggun ialah pakan yang kandungan gizinya seimbang, yaitu tidak hanya diberikan satu jenis pakan saja tapi beberapa jenis pakan menyerupai biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan biar Lovebird (LB) tidak bosan dan terpenuhi nutrisinya.

Berikan Lovebird (LB) pakan yang sempurna sesuai kebutuhannya, contohnya saja:

- Jika Lovebird (LB) dalam kondisi kurang birahi maka kita berikan pakan yang sanggup meningkatkan birahinya.

- Jika Lovebird (LB) dalam kondisi over birahi (OB) maka kita harus memperlihatkan pakan yang sanggup menurunkan tingkat birahinya.

- Jika Lovebird (LB) akan diternak maka kita berikan jenis pakan yang mengandung vitamin E.

Baca juga:

Manfaat minyak ikan untuk kesehatan Lovebird

Penyebab Lovebird tidak mau kawin dan cara mengatasinya

Tanda-tanda Lovebird betina akan bertelur

Demikian sedikit isu ihwal "Pakan terbaik untuk Lovebird biar sehat dan rajin ngekek". Untuk isu lain seputar Lovebird (LB), sanggup dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Pakan dan Ekstra fooding (EF) untuk Lovebird (LB)

0 Response to "Pakan Terbaik Untuk Lovebird Biar Sehat Dan Rajin Ngekek"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel