-->

Cara Mencegah Semoga Burung Tidak Terkena Katarak

Penyakit katarak yaitu gangguan yang terjadi pada mata jawaban adanya peningkatan lapisan kabut atau pengeruhan pada lensa mata burung.

Burung peliharaan sering sekali mengalami katarak dengan tanda-tanda awal hanya berupa titik putih kecil transparan, tapi jikalau tidak segera di obati titik kecil tersebut lama-kelamaan akan semakin lebar dan menutupi hampir seluruh permukaan lensa mata burung.

Katarak bukan merupakan penyakit genetik, tapi lebih banyak disebabkan lantaran faktor-faktor eksternal di antaranya:

• Sering terkena paparan sinar ultraviolet atau cahaya yang menyilaukan mata lainnya.

• Kurang asupan pakan yang mengandung vitamin A.

• Gizi buruk, dll.

Banyak yang beranggapan bahwa penyakit katarak pada burung tidak sanggup disembuhkan, tapi anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar lantaran penyakit katarak sebenarnya sanggup disembuhkan dengan pengobatan yang tepat, rutin dan teratur, walaupun memerlukan waktu yang cukup usang namun secara berangsur-angsur flek putih atau pengeruhan pada lensa mata burung secara berangsur-angsur akan semakin berkurang/tipis sehingga burung sanggup kembali melihat dengan normal.

Katarak memang tidak sanggup pribadi disembuhkan tanpa melalui operasi, namun dengan pengobatan memakai obat-obatan yang sempurna katarak sanggup sembuh meskipun membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Penyakit katarak pada burung peliharaan sanggup dicegah asalkan burung mendapat perawatan dan perlakuan yang baik, salah satu caranya yaitu:

• Jangan menempatkan burung ditempat yang terkena sinar matahari secara pribadi dalam waktu yang usang (kecuali dikala dijemur) dan jangan menggantang burung didekat tembok dengan warna cerah/mencolok yang sanggup memantulkan sinar matahari sehingga menyilaukan mata burung, lantaran dalam jangka waktu usang sanggup menyebabkan mata burung mengalami katarak.

• Jangan menempatkan burung didekat lampu pada malam hari, lantaran hal itu selain sanggup menyebabkan mata burung menjadi katarak juga sanggup mengundang ancaman lain, lantaran pada malam hari berbagai serangga-serangga beracun yang mengerubungi lampu dan sanggup saja dimakan oleh burung.

• Berikan pakan alami yang banyak mengandung vitamin A untuk menjaga kesehatan mata burung, dengan cara:

- Berikan jangkrik dan ulat hongkong (UH) yang sebelumnya telah diberi makan sayur-sayuran yang banyak mengandung vitamin A menyerupai bayam dan wortel sehingga dikala jangkrik dan ulat hongkong tersebut dikonsumsi oleh burung maka bayam dan wortel yang ada dalam perut jangkrik dan ulat hongkong akan ikut tergoda oleh burung-burung pemakan serangga menyerupai Murai Batu, Kacer, Anis, Cendet, dan burung-burung lainnya.

- Berikan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A menyerupai pepaya, jambu biji, apel, dan pisang pada burung-burung pamakan buah menyerupai Cucak ijo (CI), Cucak jenggot (CJ), Cucak rowo (CR), Trucukan dan burung-burung lainnya.

- Selain diberikan ekstra fooding (EF) berupa sayur-sayuran dan buah-buahan, berikan juga kuning telur ayam, kuning telur puyuh, atau kuning telur angsa pada burung-burung homogen Kenari dan Lovebird (LB).

Baca juga:

Pengobatan katarak pada burung dengan cara alami

Cara mengobati burung yang kena penyakit tetelo

Faktor genetika sangat memilih kualitas anakan Murai Batu

Demikian sedikit gosip wacana "Cara mencegah biar burung tidak terkena katarak". Untuk gosip lain seputar burung kicau, sanggup dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Murai Batu (MB) Katarak

0 Response to "Cara Mencegah Semoga Burung Tidak Terkena Katarak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel